Aneka Minuman : 6 Strategi Usaha Warung Kopi Kecil Kecilan

Rabu, 07 Juni 2017

6 Strategi Usaha Warung Kopi Kecil Kecilan



Aneka Minuman - Bisnis kopi merupakan salah satu bisnis yang tidak ada matinya karena hampir setiap orang suka minum kopi khususnya pria. Tetapi pada akhir akhir ini untuk minum kopi menjadi gaya hidup yang agak mewah seperti adanya starbuck j.co dan lain sejenisnya sehingga membuat harganya melambung tetapi perlu anda ketahui harga itu juga sebanding dengan tempat dan peralatannya karena peralatannya juga mahal.

Sekarang kita akan membahas usaha warung kopi pinggir jalan. Kenapa ambil usaha ini? karena ini salah satu jenis usaha yang tidak perlu menggunakan modal terlalu besar tetapi mampu menghasilkan hasil lebih. Kita bisa melihat segment ini. Catatan penting disini adalah kita tidak mengeluarkan modal terlalu besar tetapi tetap akan mengeluarkan beberapa trik memasak kopi yang baik karena jika anda hanya modal main seduh kopi air panas maka anda akan kalah dengan warung kopi pinggir jalan yang memang hanya tinggal seduh dan selesai.

Berikut tahapan tahapn yang kami sarankan

1. Pilih kopi terbaik

Pemilihan kopi terbaik sangat berpengaruh dengan gengsi anda menjual suatu kopi. Jika anda menggunakan kopi instant tentu anda akan kalah saing tetapi jika anda menggunakan kopi yang berkualitas seperti kopi merapi, toraja, arabica maka anda akan bisa menjual lebih. Salah satu yang pernah kami terapkan adalah kopi aroma banceuy (di bandung). Kopi disini memiliki aroma yang khas dan kualitas tinggi karena mereka menyimpan dulu kopi tersebut selama 3 tahun baru dipasarkan tetapi harganya sangat murah (kalau tidak salah 90ribu/kg). Jadi ini bisa menjadi salah satu opsi anda dalam memilih kopi.

2. Pelajari teknik memasak kopi.

Salah satu teknik memasak kopi yang kami rekomendasikan adalah vietnam drip, teknik ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal bahkan anda bisa mempelajarinya di youtube. Hasilnya pun tidak beda jauh dengan mesin pengolah kopi yang sanggup menghasilkan ekspreso.

3. Pilih tempat yang tepat

Karena kita disini bukan untuk beradu dengan usaha usaha besar maka mall atau tempat tempat mewah bukanlah tempat yang kami sarankan. Anda bisa mengambil tempat di daerah daerah yang ramai tetapi tidak terlalu mahal. Yang paling penting adalah dekorasi tempat anda karena dekorasi juga mempengaruhi keinginan customer dalam membeli kopi tersebut. Seperti yang dibahas sebelumnya "11 kesalahan menjalankan usaha franchise" yang bisa menjadi referensi anda.

4. Fasilitas Tambahan

Apakah menggunakan wifi menandakan tempat anda mahal? ternyata tidak, bahkan warteg saja berani memberikan wifi gratis saya kira. Sehingga berilah wifi + TV di 1 atau 2 titik yang ada. Karena akan membuat customer anda sedikit lebih lama dari pada biasanya. Jika bisa tambahkan juga beberapa alat permainan yang seru.

5. Promosi dan pelayanan

Disini merupakan point penting, anda tetap harus terus melakukan promosi tetapi pastikan pelayanan anda tetap maksimal karena banyak yang melakukan promosi tetapi menurunkan pelayanannya. Jangan lupa baca teknik menjual target pemasaran wanita karena anda akan dapat info penting jika anda mencari target cust wanita

6. Kombinasikan dengan makanan pendukung.

Coba anda bayangkan jika anda minum kopi, apa yang anda butuhkan? Rokok? Gorengan? Roti? Mie? Anda bisa menambahkan makanan pendukung tersebut untuk meningkatkan penjualan anda. Bahkan anda bisa mengambil untung lebih dibagian tersebut

Itulah beberapa strategi usaha warung kopi yang dapat kami sampaikan. Jika ada pertanyaan, bisa ditanyakan dibawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar