Aneka Minuman : Menelisik Usaha Kedai Milkshake dan Susu Murni, Modal Kecil Untung Besar

Jumat, 26 Mei 2017

Menelisik Usaha Kedai Milkshake dan Susu Murni, Modal Kecil Untung Besar

Aneka Minuman - Peluang usaha semakin hari tentu makin terbuka lebar tetapi persaingan selalu ada. Semua bisa diatasi dengan inovasi yang ada pada produk kita.

Sekarang kita akan melihat usaha milkshake dan susu murni. Usaha milkshake mungkin bukanlah hal yang baru tetapi usaha milkshake sedikit mengalami kemunduran. Hal ini justru menjadi peluang untuk usaha susu murni. Justru akhir akhir ini bisnis susu murni menjamur diberbagai kalangan. Hampir di berbagai wilayah indonesia banyak usaha susu murni.

Milkshake: https://arah.com/unik.html
Kita lihat salah satu contoh kedai usaha mimi dulu cucu yang dimiliki salah seorang pemuda bandung. Hanya bermodalkan 300ribu untuk susu dan tempat spot kecil yang ukuran 3x2 meter mereka membuka usaha susu murni. Sekarang omset mereka lebih kurang 100juta per bulan. Nah, menggiurkan bukan?

Sekarang maki kita menelisik apakah usaha susu murni ini bisa digandeng dengan milkshake? Tentu saja bisa. Anda yang biasanya masyarakat menikmati milkshake instant sekarang anda bisa mengganti dengan susu murni. Cara pengelolaannya pun tidak susah. Anda hanya butuh sedikit inovasi dan menghasilkan hasil yang wow.

Pondasi dasar sebelum anda membuka usaha milkshake dan susu murni adalah "tempat". Kenapa tempat? karena hampir semua prinsip penjualan milkshake dan susu murni bisa ditiru oleh berbagai pihak. Tidak perlu tempat yang luas, jika anda tidak memiliki tempat sendiri anda bisa menggunakan mobil tahu bulat (maksudnya mobil pick up), rata2 biaya sewa mobil pickup sekitar 100ribu/hari (anda juga bisa mencicil mobil pickup yang mungkin cicilannya bisa 2juta/bulan tetapi kami tidak merekomendasikan untuk ngutang untuk pebisnis pemula karena lebih banyak resikonya). Tapi jika lebih memungkinkan anda sebaiknya sewa tempat. Dari beberapa pengalaman kami, untuk wilayah jakarta saja biaya sewa bulanan untuk tempat ukuran 2x3 tidak lebih dari 1juta per bulan, tentu anda bisa dapat harga lebih murah jika itu berada diwilayah anda.

Setelah masalah tempat selesai maka tahap selanjutnya adalah design. Pastikan anda punya konsepan anak muda + alunan musik yang tidak terlalu kencang. Sehingga segment anda makin terlihat untuk anak muda dan jika memasang sound system yang tidak terlalu kencang maka segment untuk umur dewasa juga bisa anda dapatkan.

Kemudian perihal minuman. Minuman susu murni anda bisa menggunakan susu murni kebanyakan dan anda juga bisa bikin milkshake untuk hasil yang lebih memuaskan. Salah satu teknik utama yang perlu anda siapkan adalah rasa baru yang dimunculkan setiap 1 x sebulan atau paling pahit pahitnya 1 x 2 bulan. Kenapa? biar selalu ada inovasi dan penasaran kepada konsumen anda. Banyak pengusaha minuman gagal dimasalah inovasi, rasa yang mereka tawarkan sama saja dengan tempat lain. Jadi ini masalah utama yang harus anda atasi.

Bagaimana cara menjual menu inovasi? Pastikan anda menjual harga sedikit lebih murah dari pada harga lainnya. Jadi menu baru juga merupakan tekni promosi yang sangat baik. Anda bisa menaikkan harga produk lama anda dan menurunkan di harga produk baru. Jika produk baru tersebut laris maka anda bisa jadikan menu utama anda. Teknik seperti ini sering dilakukan oleh pizza hut.

Nah, tahap terakhir adalah menilai. Menilai seberapa siap nya anda memulai suatu bisnis karena jika anda hanya membaca tanpa eksekusi juga akan sia sia. Saya lebih suka menggunakan teknik bebaca cukup tapi mencoba banyak tetapi ketika ada kesulitan maka kita baru bertanya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin usaha minuman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar